Minggu, 15 Desember 2013

Tumpaan Utama Pecahkan Rekor Nasional

tumpaandua.blogspot.com - Tim Tumpaan Utama, Minsel menorehkan rekor dalam Aqua Danone Nations Cup (DNC) 2013. Kumpulan pesepakbola junior ini mencatatkan diri sebagai tim pertama yang menjuarai final lokal DNC dua kali berturut.

Minggu (10/02/12), Tumpaan Utama keluar sebagai juara DNC 2013 Manado setelah mengalahkan Forza Buha, Manado dengan skor 1-0 di Stadion Klabat Manado. Sukses ini mengulang kisah serupa tahun lalu. Tumpaan Utama menang atas PS Maesa Manado.

Bermain di bawah guyuran hujan deras, kedua tim sulit mengembangkan permainan. Selama 10 menit babak pertama, bola lebih banyak di lapangan tengah. Beberapa titik lapangan yang tergenang dan berlumpur menyulitkan anak-anak ini bermain lepas.

Masuk babak kedua, anak-anak Tumpaan Utama besutan Martin 'Odang' Umboh mulai mendominasi permainan. Sejumlah peluang gagal berkat kesigapan penjaga gawang Forza.

Adalah sang kapten tim, Sandy 'Ungke' Mokalu yang jadi pahlawan. Menit kedelapan babak kedua, lewat sepakan tendangan bebasnya, Ungke memecah kebuntuan. Lesatan bola tendangan kaki kanan Ungke melengkung indah tak terjangkau kiper dan menghujam pojok kiri gawang. Gol semata wayang ini tercipta setelah terjadi pelanggaran terhadap pemain Tumpaan Utama di sisi kiri pertahanan Forza.

Prestasi ini, kata Odang Umboh, tak lepas dari kedisiplinan dan ketekunan. Sejak kandas di final nasional Juni tahun lalu, Odang tetap rutin melatih anak-anak. "Kami latihan dua kali seminggu, Sabtu-Minggu. Akhir pekan karena anak-anak tak sekolah," katanya.

Ia bangga karena materi tim beda dari tahun sebelumnya. Dari 11 pemain, hanya Ungke, Gerald dan Juniver yang merasakan sukses juara tahun lalu. Sisanya, pemain binaan generasi baru.

Tumpaan Utama akan mewakili Sulut di
Final Nasional, 29 Mei-3 Juni. Mereka akan bertarung dengan finalis dari 14 kota. "Semua biaya akomodasi transportasi ditanggung Danone," ujar Vebby Intan, Brand Direktur Aqua Danone Indonesia usai penyerahan hadiah. Juara nasional berhak mengikuti Final DNC 2013--yang dikenal sebagai Piala Dunia Anak-anak-- di London.

Ia menegaskan, DNC bukan soal menang atau kalah, tapi mengajarkan sportivitas, kegembiraan, solidaritas dan kemanusiaan pada anak-anak. "Kalian yang hari ini belum juara, jangan putus asa, teruslah bermimpi," tukasnya. Setiap tahun, DNC melibatkan talent scout (pemandu bakat) dari Persib Bandung dan PSM Makassar.

DNC tahun ini berlangsung di 15 kota yang meng-cover 22 provinsi di Indonesia. Pihak Danone berupaya dari tahun ke tahun kota penyelenggara bertambah. Akhirnya bisa merata berlangsung di seantero Indonesia.(***)

Hasil DNC 2013 Manado

Juara Tumpaan Utama, Minsel
Runner-up Forza Buha, Manado
Juara III Aruman Jaya, Kota Kotamobagu
Juara IV Persbitou
Tim Fair Play Maesa Sulut

Editor: Andrew_Pattymahu

0 komentar:

Posting Komentar